Reckless Traveler

Reckless Traveler

Thursday, October 20, 2011

Traveling or Jalan-Jalan?

Mungkin untuk banyak orang kata Traveling dan jalan-jalan itu sama..kalau orang mau jalan-jalan ke luar negeri ya disebutnya traveling, kalau misal jalan-jalan ke luar kota ya traveling ke luar kota..
Menurut saya ada perbedaan yang sangat mendasar antara kata traveling dan jalan-jalan. Bagi saya jalan-jalan itu hanyalah pergi ke suatu daerah dan tujuan utamanya untuk menikmati daerah tersebut..tidak ada hal lain.hanya menikmati kesempatan liburan untuk pergi ke daerah lain..Entah ingin merasakan suasana baru atau sekedar melepas kepenatan.. Bagaimana dengan kata traveling yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia pun artinya "jalan-jalan"?
Menurut saya Traveling adalah saat dimana kita jalan-jalan namun tujuan kita jalan-jalan bukanlah hanya untuk bersenang-senang semata, namun untuk mempelajari culture yang terdapat di tempat tujuan, bergaul dengan orang lokal, dan bahkan bisa ikut mencoba banyak hal yang dapat dilakukan di sana seperti ikut bekerja menjadi nelayan, dan semacamnya. Tentu jika dilihat dari definisi yang saya buat terlihat perbedaan antara kata traveling dan jalan-jalan.
Ya tentu saja untuk saya kata traveling lebih baik untuk dilakukan karena benar-benar bisa menambah pengalaman dan pengetahuan kita dengan dunia luar, atau bahkan terlebih lagi dengan melakukan traveling kita semakin cinta dengan Indonesia karena kita sadar bahwa Indonesia lebih memiliki banyak kebudayaan dibandingkan negara tujuan..dan yang terlebih lagi kita bisa mengenal lebih jauh diri sendiri dengan melakukan traveling. Hal ini sudah dibuktikan oleh sangat banyak orang.
Tulisan ini hanya sebagai opini saya saja terhadap 2 kata tersebut..

cheers,
Steven

No comments:

Post a Comment