Reckless Traveler

Reckless Traveler

Friday, October 14, 2011

Panduan pembuatan visa South Korea

Akhirnya setelah sekian lama waktu untuk membuat visa datang juga...besok hari atau malah tepatnya pagi ini ya..haha..saya akan mengajukan visa South Korea..apakah diterima atau tidak?smoga diterima..Aminnnn...
visa ini benar-benar merupakan stengah dari usaha saya untuk plesiran alias jalan-jalan alias traveling ke Korea Selatan. kalau tidak diterima bisa-bisa nangis..bcanda..palingan bersungut-sungut gara-gara tiket angus..
tentu visa tidak dapat dibuat dengan begitu saja.begitu banyak berkas-berkas yang saya kumpulkan untuk memperkuat bukti bahwa saya hanya sebatas traveling ke negeri ginseng itu..biar gak dikira lari jadi pekerja gelap gituu..dengan perjuangan selama 2minggu mengumpulkan berkas-berkas karena pemikiran untuk buat visa datang tiba-tiba semua berkas berhasil terkumpul hari ini setelah saya pulang dari Bandung..
berkas-berkas yang saya ajukan antara lain :
1. fotokopi akte lahir
2. fotokopi KK
3. fotokopi KTP / KTM
4. surat keterangan kerja dari kantor
*kalau saya sih bukan keterangan kerja dari kantor secara saya masih mahasiswa. jadinya keterangan bahwa saya berkuliah di Universitas yang sekarang dan akan kembali menjadi mahasiswanya lagi alias ngga kabur. pengalaman membuat recommendation letter universitas ini benar-benar membuat saya cukup gila. setiap hari dalam seminggu harus mengejar-ngejar TU untuk membuatkan surat ini. setelah seminggu belum kunjung dibuat dan ternyata tanpa pemberitahuan harus memberikan syarat seperti fotocopy tiket dan Passport.alhasil saya bawa dan masih harus menunggu lagi selama beberapa hari..dan untungnya pada hari kamis tanggal 13 oktober 2011 saya mendapatkan surat rekomendasi itu. padahal siangnya saya akan pulang ke Jakarta. benar-benar mepet namun melegakan.
5. surat sponsor, kalau dibayarin
*nah surat sponsor ini saya buat juga.kenapa?karena rekening saya disuntikin dana dulu dan gak mungkin donk tiba-tiba bilang pakai biaya sendiri tau-tau di rekening koran ada suntikan dana tiba-tiba untuk buat visa tanpa keterangan yang jelas dana itu dari mana..buat formalitas aja sih sebenernya..
6. surat aplikasi visa diisi plus ditempel foto terbaru ukuran 4x6cm latar belakang putih..
7. bukti reserve tempat nginep (guesthouse, hotel, dll)
*kalau saya sih gak kasih secara saya bakal nginep gratisan dengan memakai Couchsurfing..karena tujuan saya adalah culture exchange jd sebisa mungkin saya tinggal dengan orang lokal. setidak-tidaknya sama bule biar bisa bertukar pengalaman dan memperlancar bahasa Inggris saya..
8. print out tiket atau bookingan tiket
9. surat referensi bank (legalisir)
*nah surat ini biasa butuh nominal tertentu baru bisa dibuatin..kalau saya sih patok nominal 30juta, itupun duit cuman lewat dan dikenai biaya 50ribu sama bank dimana saya memiliki rekening disana.prosesnya lumayan cepat hanya 2-3hari kerja. disarankan untuk membuat dicabang asal.karena bisa sehari langsung jadi.berhubung saya buat rekening di Jakarta dan baru mengajukan rekomendasi di Bandung, jadinya ada masalah birokrasi gitu yang bikin jadi agak lama.
10. fotokopi buku tabungan / rekening koran 3 bulan terakhir
11. bikin travel itinerary
12. fotokopi paspor dihalaman depan yang ada fotonya, dan belakang yang ada data alamatnya.
13. bawa duit 300ribuan lah..buat cadangan aja, stau saya sih 270an ribu..kalau sudah tau besok saya kabarin lagi harga tepatnya berapa..hehe..

doakan saya agar mendapatkan visa Korea Selatan pagi ini..Wish me luck..

No comments:

Post a Comment