Reckless Traveler

Reckless Traveler

Monday, January 16, 2012

Budget 3weeks in South Korea?

Banyak sekali teman-teman saya atau bahkan kawan-kawan di group traveler menanyakan berapa besar biaya yang saya keluarkan selama berada di Korea Selatan pada liburan December 2011 kemarin. Tentu saja yang ditanyakan adalah biaya keseluruhan termasuk dengan biaya pesawat.
Pada intinya cost keseluruhan trip ke Korea saya selama 3minggu itu "hanya" habis sebesar 400dolar dan 270.000won ditambah dengan harga tiket pesawat Rp 3.500.000,00. Itu pun saya hang out hampir setiap hari dengan host saya. Kalau tidak hang out mungkin bisa turun 1juta atau bahkan lebih budgetnya. Karena untuk hang out di Korea tidak lah murah. Bersyukurlah kita tinggal di Indonesia karena untuk hang out sangat murah. mengapa saya bilang di Indonesia hang out sangat murah? Karena harga kopi dan bir di Korea Selatan sangat mahal menurut saya. Mungkin karena saya minum bir Amerika terus jadi sekali minum langsung 10.000won ++.
Selain itu jika saya pergi ke Korea nya January bukan Desember harga tiket bisa ditekan sehingga RP2.000.000,00 bolak balik. Tapi sayang tujuan saya kesana untuk menikmati white Xmas dan New Year sehingga saya memaksakan membeli tiket yang harganya 3,5juta tersebut.
Secara garis besar biaya yang saya keluarkan yaitu 400dolar dan 300.000won tersebut sudah termasuk biaya jalan-jalan ke hampir semua tempat vital untuk turis di Korea Selatan, hang out hampir setiap hari, biaya transportasi di sana termasuk bus dan subway atau bahkan KTX, biaya makan yang mahalnya bukan main, dan biaya pesawat.

Tentu banyak orang yang bertanya-tanya mengapa bisa semurah itu? Jawabannya :
1. Saya tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum mengadakan trip karena bisa dapat promo super murah. Untuk maskapai yang saya gunakan adalah Air Asia, untuk waktu pembelian waktu itu Maret 2011 sedangkan saya pergi Desember 2011.
2. Saya tidak ikut tour dan mengarrange rute saya sendiri.
3. Saya tidak membuang sepeserpun untuk membayar tempat tinggal selama di Korea Selatan.
4. Saya menargetkan untuk membuktikan bahwa jalan-jalan di Korea jika dengan perencanaan cukup matang bisa semurah itu, jadi ada niat untuk tidak boros kecuali masalah hang out.. hehe.. Jadi sebagian besar budget saya memang habis untuk ini..T_T..
5. Pergilah dengan cara backpaking karena segalanya akan menjadi lebih mudah. Sebagai contoh : kalau mau kemana-mana hanya bawa backpack masuk bus pun enak, kalau bawa-bawa koper kebanyakan pasti taksi yang dipilih. Sebagai referensi taksi di sana harganya mahal.
6. Saya benar-benar hampir tidak menggunakan taksi, hanya 5kali mungkin menggunakan taksi itu pun karena terpaksa sekali. Sisanya saya menggunakan Subway dan Bus umum.
7. Kebanyakan makan siang saya makan enak (sudah jelas mahal) dan makan malam saya makan murah dengan nasi instant yang dibekukan/didinginkan tinggal dipanaskan.

 Mungkin ini yang bisa saya sharing kan untuk kawan-kawan sekalian, semoga berguna untuk menjadi referensi untuk jalan-jalan ke Korea Selatan secara murah. Untuk detail biaya dan ittenary akan saya post berikutnya.. Jadi sudah terbuktikan jalan-jalan di Korea Selatan tidak semahal yang dibayangkan..:)

No comments:

Post a Comment