Reckless Traveler

Monday, July 23, 2012

Perjalanan ke Bromo

Setelah sekian lama saya gk nulis blog kali ini saya mau share soal perjalanan ke Bromo pada tanggal 5Juli-9Juli2012. Perjalanan nya akan lebih detail ke Bromonya..
Penampakan Bus Probolinggo
Perjalanan ini dimulai dari Bandung dengan menggunakan kereta Malabar jurusan Bandung-Malang seharga 176ribu. Perjalanan ke Malang ini cukup melelahkan karena memakan waktu kira-kira sampai 15jam. Setelah itu kami langsung makan siang di stasiun. Dari stasiun Kota Baru dilanjutkan dengan naik angkot berkode AMG di depan stasiun seharga 3ribu rupiah saja untuk menuju Terminal Ardjosari. Di terminal Ardjosari ini kita bisa naik bus jurusan Probolinggo- Banyuwangi untuk sampai ke titik Colt yang akan menuju ke Bromo berkumpul. Perjalanan dari Malang ke Probolinggo kira-kira menghabiskan waktu sekitar 3jam. Ongkos Bus jurusan ke Probolinggo ini adalah 18rb. Setelah sampai di Terminal Probolinggo kita tinggal keluar Terminal Bus belok kiri kemudian terlihat lah kumpulan mobil Colt yang akan mengantar kita menuju ke Bromo. Biasanya Angkot ini menunggu sampai muatan penuh dulu baru jalan. Jadi lamanya menunggu tergantung sama keberuntungan saja.
Perjalanan menggunakan Colt ini sampai Cemoro Lawang yaitu sekitar 3KM dari gunung Bromo adalah sekitar 1-1,5jam saja. Harga Colt dari Terminal Probolinggo - Cemoro Lawang 25rb. Dalam perjalanan pemandangan pegunungannya sangat indah. Lembah-lembah hijau berderet bikin kagum. Sesampainya di Cemoro Lawang kami langsung ke penginapan yang bernama Wisma Yog. Kami mendapat harga yang agak bersahabat dikala high season liburan anak-anak sekolah yaitu sekitar 150rb untuk 3 orang. yang artinya 1orang hanya membayar penginapan 50rb. Kami sampai di Penginapan sekitar jam 2an, beres2 langsung keluyuran ke luar penginapan alias lihat2 pemandangan Bromo.
Rute Jalan Kaki 2jam PP
Dari Cemoro Lawang sendiri kita bisa berjalan kaki menyusuri Padang Pasir Bromo sampai ke Gunung Bromo sekitar 1jam, jadi bolak balik 2jam dan itu yang kami lakukan di sore hari. jadi kami sempat melihat pemandangan dimana gunung Bromo tidak dipenuhi debu-debu dari Hardtop yang berjalan, dan tidak dipenuhi banyak orang. Pemandangan Bromo di sore hari sendiri juga sangat indah, kami berkesempatan menaiki kuda dengan harga 100rb untuk 3 kuda dengan jarak lumayan jauh. Setengah jalan menuju Pura dari Penginapan.
Betapa ramainya di pagi hari
Setelah lelah berjalan kaki kami kembali ke penginapan bersih-bersih dan makan. Makanan di sekitar Taman Wisata Bromo sendiri termasuk mahal. Maklum daerah ini sudah menjadi tempat wisata yang dikenal oleh orang-orang diseluruh dunia. Makanan yang bisa di makan di daerah Cemoro Lawang cukup banyak, jadi tidak perlu takut kekurangan makanan saat berada di Bromo. Bahkan pada saat kami jalan kaki saja ada tukang baso yang menggunakan motor di sebelah Pura Gunung Bromo itu.
Keesokan harinya adalah hal yang tidak mungkin dilewatkan pada saat mengunjungi Gunung Bromo yaitu melihat Sunrise. Perjalanan dimulai jam 3.30 pagi dengan menggunakan motor. Ojek motor ini harganya 150rb seorang dengan rute Pananjakan-Padang pasir-Gunung Bromo-Savanah. Waktunya bebas karena selama kita sedang menikmati masing-masing tempat itu tukang ojek akan setia menunggu. Explore Bromo sampai kira-kira jam 11.30 siang. Selesai explore Bromo kami langsung mandi dan beres-beres karena akan mengejar trip ke Sempu yang nantinya juga gagal. Balik turun ke Terminal Probolinggo menggunakan Colt seharga 25ribu lagi, kemudian pada saat pulang kami menggunakan Bus patas jurusan ke Malang dari terminal Probolinggo seharga 23ribu. Setelah itu kami menghabiskan hari 2 hari di Malang dengan beristirahat.

Detail pengeluaran tidak termasuk jalan2 di Malang..
Bandung-Malang (Kereta Malabar) = 175.000
Terminal Probolinggo - Terminal Ardjosari(patas) = 23.000
Malang - Bandung(Kereta Malabar) = 185.000

Jumlah pengeluaran : 694.000
yang bikin mahal kereta Bandung Malangnya ... T_T..

1. wahh jadi ga sabar nih buat ngtrip ke bromo dan sempu :D mkasiih ya kakak buat infonya. klo kereta ekonomi dari bandung ke malang ga ada ya?

2. Bisa tanya ya? Ada nggak contact no wisma yog? Saya bakal ke sana minggu depan

3. Thanks buat informasinya..... semoga segera bisa berkunjung ke sana...